RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) Drainase SPL 404
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Fakultas : Teknik
Program Studi : Teknik Sipil.
Mata Kuliah (MK) : Drainase
Kode Mata Kuliah : SPL 404
Semester : V
Bobot (SKS) : 2(2-0)
Alokasi Waktu : 16 X Peretemuan
Dosen Pengampuh : 1. Anna Emiliawat, ST.MT..
2. Okma Yendri, ST.,MT
I. Deskripsi Mata Kuliah :
Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan konsep drainase; Memahami dan mampu menjelaskan aspek hidrologi pada perancangan drainase, aspek hidraulika pada perancangan drainase, konsep drainase permukaan dan bawah permukaan, konsep analisis perancangan drainase; Mampu merancang drainase khusus : drainase kesehatan, drainase jalan, drainase lapangan olahraga, drainase landasan pacu pesawat dan polder.
II. Capaian Pembelajaran
1. Mampu memahami pengertian dan konsep drainase;
2. Mampu memahami Macam dan klasifikasi drainase;
3. Mampu memahami Obyek dan sasaran drainase;
4. Mampu memahami Aspek teknik perencanaan drainase :
5. Mampu memahami Hubungan hujan dan aliran, intensitas hujan, hujan rancangan, debit rancangan, kriteria perancangan dan konstruksi bangunan fasilitas drainase;
6. Mampu memahami Mampu memahami Sistem drainase :menganalisis drainase alamiah dan buatan, draianse permukaan tanah dan abwah permukaan tanah, drainase terpisah dan tercampur, drainase terbuka dan tertutup, organisasi jaringan;
7. Mampu memahami, menganalisis Perancangan dan perhitungan : drainase perkotaan dan permukiman, drainase kesehatan, drainase jalan, drainase lapangan olahraga, drainase landasan pacu pesawat dan polder.
III. Materi Pembelajaran
IV.
Minggu ke |
Kemampuan Akhir Yang diharapkan |
Bahan kajian |
Metode Pembelajaran |
Alokasi waktu |
Indikator capaian |
Intrumen Penalaian |
Bobot |
Ref. |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
(9) |
1 |
Mahasiswa Mampu memahami Pengertian dan konsep drainase; |
Pengertian dan konsep drainase;
|
1.Kuliah 2.Diskusi
|
100 menit |
Mampu memahami Pengertian dan konsep drainase;
|
KTM Quis TM UTS UAS |
0,05 0,10 0,25 0,25 0,35 |
a b |
NAT |
2/3xΣ |
|||||||
2
|
Mahasiswa Mampu memahami Macam dan klasifikasi drainase; |
Macam dan klasifikasi drainase;
|
1.Ceramah 2.Diskusi
|
100 menit |
Mampu memahami Macam dan klasifikasi drainase;
|
KTM Quis TM UTS UAS |
0,05 0,10 0,25 0,25 0,35 |
a b |
NAT |
2/3xΣ |
|||||||
3 |
Mahasiswa Mampu menganalisis Obyek dan sasaran drainase |
Obyek dan sasaran drainase |
1.Ceramah 2.Diskusi
|
100 menit |
Mampu memahami Obyek dan sasaran drainase |
KTM Quis TM UTS UAS |
0,05 0,10 0,25 0,25 0,35 |
A B |
NAT |
2/3xΣ |
|||||||
4 |
Mahasiswa Mampu memahami Aspek teknik perencanaan drainase |
Aspek teknik perencanaan drainase |
1.Ceramah 2.Diskusi
|
100 menit |
Mampu memahami Aspek teknik perencanaan drainase |
KTM Quis TM UTS UAS |
0,05 0,10 0,25 0,25 0,35 |
a b |
NAT |
2/3xΣ |
|||||||
5,6,7 |
Mahasiswa Mampu memahami Hubungan hujan dan aliran, intensitas hujan, hujan rancangan, debit rancangan, kriteria perancangan dan konstruksi bangunan fasilitas drainase;
|
Hubungan hujan dan aliran, intensitas hujan, hujan rancangan, debit rancangan, kriteria perancangan dan konstruksi bangunan fasilitas drainase;
|
1.Ceramah 2.Diskusi
|
3x100 menit |
Mampu memahami Hubungan hujan dan aliran, intensitas hujan, hujan rancangan, debit rancangan, kriteria perancangan dan konstruksi bangunan fasilitas drainase; |
KTM Quis TM UTS UAS |
0,05 0,10 0,25 0,25 0,35 |
a c |
NAT |
2/3xΣ |
|||||||
8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
|||||||
9,10,11 |
Mahasiswa Mampu memahami Mampu memahami Sistem drainase :menganalisis drainase alamiah dan buatan, draianse permukaan tanah dan abwah permukaan tanah, drainase terpisah dan tercampur, drainase terbuka dan tertutup, organisasi jaringan; |
Sistem drainase :menganalisis drainase alamiah dan buatan, draianse permukaan tanah dan abwah permukaan tanah, drainase terpisah dan tercampur, drainase terbuka dan tertutup, organisasi jaringan; |
1.Ceramah 2.Diskusi
|
3x100 menit |
Mampu memahami Mampu memahami Sistem drainase :menganalisis drainase alamiah dan buatan, draianse permukaan tanah dan abwah permukaan tanah, drainase terpisah dan tercampur, drainase terbuka dan tertutup, organisasi jaringan; |
KTM Quis TM UTS UAS |
0,05 0,10 0,25 0,25 0,35 |
a |
NAT |
2/3xΣ |
|||||||
12,13, 14,15 |
Mampu memahami, menganalisis Perancangan dan perhitungan : drainase perkotaan dan permukiman, drainase kesehatan, drainase jalan, drainase lapangan olahraga, drainase landasan pacu pesawat dan polder.
|
Perancangan dan perhitungan : drainase perkotaan dan permukiman, drainase kesehatan, drainase jalan, drainase lapangan olahraga, drainase landasan pacu pesawat dan polder. |
1.Ceramah 2.Diskusi
|
2x100 menit |
Mampu memahami, menganalisis Perancangan dan perhitungan : drainase perkotaan dan permukiman, drainase kesehatan, drainase jalan, drainase lapangan olahraga, drainase landasan pacu pesawat dan polder.
|
KTM Quis TM UTS UAS |
0,05 0,10 0,25 0,25 0,35 |
a |
NAT |
2/3xΣ |
|||||||
16 |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
V. Referensi
- Okma Yendri, 2018, bahan Ajar Drainase dan Pengendalian Banjir.
- Suripin, 2004, Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan, Penerbit andi Yogyakarta.
- H.A.Halim Hasmar, 2012, Darainase Terapan, Penerbit UII press Yagyakarta.
- John M.Watts, Jr., and Robert E. Chapman, Engineering Economics CHAPTER 7.
- Wesli, 2008. Darinase Perkotaan, Penerbit Graha Ilmu.Yogyakarta.
- Ligal Sebastian, Supli E.R, 2011, Strategi Pengendalian Limpasan Permukaan, Penerbit Tunas Gemilang, Palembang .
- Siswoko Sastrodihardjo, 2010. Upaya Mengatasi Masalah Banjir Secara Menyeluruh. Yayasan Badan Penerbit Pekerjaan Umum.
- Undang-undang No. tahun 2004 tentang Sumberdaya Air.
- Peraturan Menteri PU No.63 tahun 1993 tentang Garis Sempadan Sungai, Darah Manfaat Sungai, Daerah Penguasaan Sungai dan Bekas Sungai.
Mengesahkan Lubuklinggau
Ketua Prodi Dosen Penanggung Jawab
Anna Emiliawati,ST.,M.Eng Okma Yendri,ST..MT
NIK.1990.14.09.2.1.059 NIK.1970.11.09.1.1.067
Komentar
Posting Komentar